MANFAAT BAHASA ARAB DIDUNIA INTERNASIONAL

BAB I
PENDAHULUAN
Bahasa Arab dan Al Qur’an merupakan dua unsur yang tidak dapat dipisahkan. Keduanya memiliki hubungan yang sangat erat, dimana bahasa Al Qur’an adalah bahasa Arab. Hal ini telah Allah tegaskan di dalam firman-Nya yang berbunyi: ”Dan demikianlah Kami wahyukan (Al Qur’an) kepadamu dalam bahasa Arab”. (QS. Asy Syura’ : 7). Maka untuk bisa menguasai isi Al Qur’an, seseorang harus mengetahui bahasa Arab dengan baik. Dengan mempelajari Al Qur’an inilah seorang muslim bisa mengetahui tentang hukum-hukum mengenai sholat, zakat, do’a, dan amalan-amalan ibadah lainnya yang bisa menjadi media untuk berkomunikasi dengan Rabb-Nya.
Dalam kenyataannya, selain sebagai alat komunikasi dengan sesama manusia, bahasa Arab juga merupakan alat komunikasi antara manusia dengan Allah Ta’ala yang terwujud dalam bentuk sholat, do’a dan dzikir. Kemudian dengan adanya perkembangan zaman, munculah bahasa Arab sebagai bahasa yang diakui oleh dunia Internasional. Bahkan bahasa Arab dijadikan bahasa resmi oleh sebagian negara-negara di dunia khususnya yang berada di kawasan Timur Tengah.
Selain itu negara-negara yang mayoritas penduduknya beragama Islam seperti Indonesia pun secara tidak langsung turut menyebarluaskan bahasa Arab. Hal ini ditandai dengan munculnya berbagai lembaga pendidikan Islam baik formal maunpun non formal di Indonesia yang mengajarkan bahasa Arab.





                                                                        BAB II
PEMBAHASAN
A.     PENTINGNYA BAHASA ARAB DIDUNIA INTERNASIONAL
Bahasa Arab adalah bahasa yang telah ada sebelum era masehi. Bahasa Arab termasuk rumpun Bahasa Semit, yaitu bahasa yang dituturkan lebih dari ratusan juta penutur di sebagian besar Timur Tengah, Afrika Utara, dan Tanduk Afrika. Bahasa semit sendiri adalah bahasa yang sudah ada sejak ribuan tahun lalu.
Bahasa Arab adalah bahasa yang menduduki peringkat ke enam di dunia sebagai bahasa yang paling banyak digunakan serta sebagai bahasa resmi yang digunakan PBB. Sampai sekarang Bahasa Arab adalah bahasa yang paling berkembang jumlah penuturnya dibandingkan dengan anggota- anggota rumpun Bahasa Semit yang lain.
Bahasa Arab adalah bahasa kuno yang masih digunakan sampai sekarang. Bila dibandingkan dengan anggota rumpun Bahasa Semit yang lain Bahasa Arab adalah bahasa yang lebih banyak penuturnya dan lebih dikenal keberadaaanya. Meski rumpun Bahasa Semit yang lain belum punah, Bahasa Arab adalah bahasa yang paling banyak penuturnya pada saat ini.
Mungkin di masa yang akan datang Bahasa Arab akan menduduki posisi pertama sebagai bahasa yang paling banyak penuturnya. Tidak menutup kemungkinan Bahasa arab akan menjadi Bahasa Internasional menggantikan kedudukan Bahasa Inggris sebagai Bahasa Internasional.
Sebagian orang menganggap bahwa bahasa Arab adalah bahasa yang sulit dipelajari. Sebenarnya hal ini tidaklah terjadi apabila seorang yang ingin belajar bahasa Arab itu memiliki semangat yang tinggi. Karena semangat yang tinggi sangatlah diperlukan ketika akan mempelajari bahasa Arab.
Perlu diketahui juga bahawa seorang yang mempelajari bahasa Arab dengan niat yang benar akan mendapatkan beberapa keuntungan diantaranya: Seorang yang mempelajari bahasa Arab insya Allah akan mendapatkan pahala dari Allah karena dia telah mempelajari bahasa Al Qur’an. Kemudian dia juga akan bisa memahami ajaran Islam dengan benar dengan bekal bahasa Arabnya yang bagus, sehingga dia tidak tersesat dalam mentafsirkan ayat-ayat Al Qur’an. Apalagi di zaman sekarang sangt banyak aliran-aliran sesat yang mengatasnamakan Islam, kekerasan, terorisme, dan lain-lain. Salah satu sebabnya adalah karena banyak orang Islam yang tidak bisa/tidak menguasai bahasa Arab dengan baik sehingga dalam menasfsirkan ayat-ayat Al Qur’an banyak melakukan kesalahan dan disesuikan dengan pemikirannya.
            Bahasa Arab adalah salah satu bahasa tertua di dunia dan merupakan bahasa yang digunakan dalam Al Qur’an. Bahasa Arab banyak meminjamkan kosa katanya ke sejumlah bahasa di Eropa utamanya bahasa Spanyol, Portugis dan Sisilia. Bahasa Arab, seperti juga bahasa Ibrani dan Persia memakai sistem penulisan aksara dari kanan ke kiri. Sejak tahun 1974, bahasa Arab digunakan sebagai salah satu bahasa resmi di PBB.
  • Jumlah penutur: sekitar 300 juta orang
  • Jenis aksara: Arab
  • Negara penutur: Arab Saudi, Aljazair, Bahrain, Chad, Komoro, Djibouti, Mesir, Eritrea, Irak, Israel, Yordania, Kuwait, Lebanon, Libya, Maroko, Niger, Oman, Palestina, Qatar, Somalia, Sudan, Syria, Tunisia, Uni Emirat Arab, Sahara Barat, Yaman, Mauritania, Senegal, Mali. Bahasa resmi PBB
·         Dewasa ini bahasa Arab digunakan oleh sekitar 150 juta orang di Asia barat dan Afrika Utara dibawah bendara Islam bahasa Arab mempengaruhi bahasa Persia, Turki, Urdu, Melayu (termasuk bahasa melayu), hausa dan sawa hili, bahkan termasuk beberapa bahasa daerah diwilayah seperti bahasa Makassar dan bugis di Sulawesi Selatan.
·         Bahasa Arab merupakan religious (keagamaan) sekitar satu miliyar muslim diseluruh dunia pasti pernah memakai bahasa Arab minimal dalam shalat dan syahadat. Bahasa Arab juga menjadi salah satu bahasa international yang sering dipakai didalam rapat pertemuan digedung PBB terutama umat Islam. Bahasa Arab digunakan dalam ibadah sehari-hari, mulai dari Sinegal (Afrika) hingga Filipina bahasa Arab dipakai sebagai bahasa pengarang, kesusastraan, pemikiran baik dibidang sejarah, fiqih, etika/akhlak, maupun teologi/aqidah dan saqafah Islam.
·         Bahasa Arab itu juga  merupakan bahasa Al-Qur’an, menurut pengamatan penulis ada 9 ayat yang menjelaskan bahwa Al-Qur’an berbahasa Arab (Qur’an Arrabiyah) dan menggunakan bahasa Arab yang jelas (lisaanun Arabiyah) para ahli bahasa mengatakan bahwa bahasa Al-Qur’an dengan al Arabiyahal musta’ribah.  Menurut silsilahnya orang Arabia utara ini adalah keturunan dari nabi Ismail as, nenek moyang nabi Muhammad saw putra pertama nabi Ibrahim yang bermukim di Mekkah dan membangun Ka’bah sebagai rumah ibadah mereka Allah swt.

  B.    Pentingnya Belajar Bahasa Arab
·         Cintailah bahasa Arab karena tiga hal yaitu saya (nabi Muhammad saw) adalah orang Arab, Al-Qur’an berbahasa Arab dan bahasa penghuni surga di dalam surga adalah bahasa Arab (HR. Tabrani dengan sanad yang lemah)
·         Umar bin Khattab berkata:
·         Bersemangatlah dalam mempelajari bahasa Arab, karena sesungguhnya bahasa Arab itu merupakan bagian dari agamamu.
·         Setiap muslim wajib mempelajari bahasa Arab semaksimal mungkin jika ilmunya bertambah tentu lebih baik. Kewajiban ini berdasar perintah Allah, bukan tidak berdasar (Imam Syafii, Kitab ar-Risalah)
·         Mempelajari bahasa Arab merupakan kewajiban karena memahami Al-Qur’an bersifat fardhu dan tidak mungkin bisa dipahami kecuali dengan memahami bahasa Arab (Syelehul Islam Ibnu Taimiyah, Kitab Iqtida’ As Shirath al Mustaqim Juz 2 hal 207).
·         Islam dalam bahasa Arab merupakan satu kesatuan Islam tidak mungkin dapat dilaksanakan secara sempurna kecuali dengan bahasa Arab (Syech Toqiyuddin, kitab mafahim, terjemahan hal. 6)
·         Dan tidak mungkin dapat memahami Islam dan sumber-sumbernya serta menggali hukum-hukumnya, kecuali dengan bahasa Arab …. (Syekh Taqiyuddin, Al Dawlah al Islamiyah, hal 169).

  C.   Hal-hal yang perlu dipahami
Ada beberapa hal yang perlu dipahami seorang muslim tentang bahasa Arab yaitu:
  1. Kemerosotan umat Islam karena faktor  ditinggalkannya bahasa Arab
  2. Bahasa Arab adalah bahasa referensi Islam (Al-Qur’an, as Sunnah, dan khasanah pemikiran Islam)
  3. Bahasa Arab sebagai bahasa pemersatu
  4. Bahasa Arab merupakan bahasa paling tua dan induk dari semua bahasa
  5. Tidak sama antara memahami Islam lewat kitab terjemahan, dan bahasa Arab
  6. Bahasa Arab adalah bahasa ibadah
  7. 40% bahasa Indonesia adalah bahasa Arab mulai dari urusan pribadi hingga politik
Pengembangan bahasa arab sebagai bahasa internasional Organisasi Konferensi Islam (OKI) berupaya melakukan kerjasama secara luas, dalam memasyarakatkan dan mendekatkan bahasa arab dengan masyarakat internasional,terutama dengan negara-negara anggota OKI. Indonesia sedang menjajaki kerja sama pengembangan pengajaran bahasa arab dengan institusi The Arab Academy di mesir untuk mewujudkan rencana itu.
Bahasa Arab adalah bahasa yang digunakan secara luas di planet ini. Bahasa Arab merupakan bahasa utama dari 22 negara, digunakan oleh lebih dari 250 juta orang. Bahasa ini juga merupakan bahasa kedua pada negara-negara Islam karena dianggap sebagai bahasa spiritual Islam - salah satu agama-agama besar Bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tetap di organisasi Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB).
Alasan lain yaitu bahasa Arab merupakan salah satu bahasa tertua yang hidup di dunia, dan merupakan bahasa asli dari banyak bahasa, bahkan ada teori yang menyatakan bahwa "bahasa Arab merupakan asal dari bahasa-bahasa" dan mereka yang mengadopsi teori ini berlandaskan pada kenyataan bahwa orang Arab dapat melafalkan suara apapun dalam bahasa manapun di dunia dengan mudah, di lain pihak banyak orang-orang bukan-Arab yang kesulitan mengucapkan beberapa huruf Arab yang tidak terdapat dalam bahasa asli mereka.
Bahasa Arab berbeda dengan bahasa-bahasa lain yang menjadi alat komunikasi di kalangan umat manusia. Ragam keunggulan bahasa Arab begitu banyak. Idealnya, umat Islam mencurahkan perhatiannya terhadap bahasa ini. Baik dengan mempelajarinya untuk diri mereka sendiri ataupun memfasilitasi dan mengarahkan anak-anak untuk tujuan tersebut.

BAB III
PENUTUP
A.     KESIMPULAN
Alquran di turunkan dengan bahasa Arab. Sunnah nabi SAW di sampaikan kepada ummat Islam dengan bahasa Arab. kitabkitab asbanun nuzul qur’an di tulis dengan bahasa arab. kitab, asbabul wurud al ahdits, juga dengan bahasa arab. shalat kita, diwajibkan dengan bahasa arab. Buku-buku Sejarah Islam, banyak ditulis dengan bahasa Arab. pendapat Imam-Imam Mujtahid dalam Islam, ditulis dengan bahasa Arab. Ilmu-ilmu Islam, banyak bersumber dari buku-buku berbahsa arab. konon, terdapat suatu hadits, di surga kelak memakai bahasa arab. Allah SWT memilih negari Arab sebagai tempat turunnya Islam di bumi. serta, nabi-nabi Allah SWT juga di Arab.
Bahasa Arab adalah bahasa yang menduduki peringkat ke enam di dunia sebagai bahasa yang paling banyak digunakan serta sebagai bahasa resmi yang digunakan PBB. Sampai sekarang Bahasa Arab adalah bahasa yang paling berkembang jumlah penuturnya dibandingkan dengan anggota- anggota rumpun Bahasa Semit yang lain.
Bahasa Arab adalah bahasa kuno yang masih digunakan sampai sekarang. Bila dibandingkan dengan anggota rumpun Bahasa Semit yang lain Bahasa Arab adalah bahasa yang lebih banyak penuturnya dan lebih dikenal keberadaaanya. Meski rumpun Bahasa Semit yang lain belum punah, Bahasa Arab adalah bahasa yang paling banyak penuturnya pada saat ini.
Bahasa Arab berbeda dengan bahasa-bahasa lain yang menjadi alat komunikasi di kalangan umat manusia. Ragam keunggulan bahasa Arab begitu banyak. Idealnya, umat Islam mencurahkan perhatiannya terhadap bahasa ini. Baik dengan mempelajarinya untuk diri mereka sendiri ataupun memfasilitasi dan mengarahkan anak-anak untuk tujuan tersebut.
B.     SARAN
Demikianlah makalah kami ini, kami menyadari banyak kekurangan  dari makalah kami ini. untuk itu kami mohon kritik dan saran kepada pembaca semuanya.


DAFTAR PUSTAKA

Hamid, abdul, dkk. Pembelajaran bahasa arab pendekatan, metode, strategi, materi, dan media. Malang : UIN-Malang. 2008
http://indobestseller.wordpress.co Diakses tanggal 31 may 2012 pukul 15.00 wib

Tidak ada komentar:

Posting Komentar